• SMK NEGERI 6 KENDAL
  • SMK Bisa, SMK Hebat, SMK 6 Luar Biasa

SMKN 6 Kendal Bangun Desa Lakukan Panen Perdana Melon Venus

Dengan adanya program SMK Bangun Desa yang merupakan program dari kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam  menjalankan kebijakan Revitalisasi SMK, bertujuan menciptakan terobosan dan mewujudkan sinergi antara SMK dan pemerintah Desa.

Ditjen Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengatakan bahwa program SMK bangun desa telah dilakukan sejak 5 tahun lalu dan potensi dari siswa - siswi SMK dapat dimanfaatkan terutama di bidang SDM.

“Program ini sudah kita lakukan sejak 5 tahun lalu, dan dari pihak kita Kemendikbud juga sudah bekerja sama dengan Kemendes. Payung hukumnya juga sudah ada, tentunya beberapa stimulus dari Kemendes terhadap desa bisa dikembangkan terutama pada potensi desa, maka dari itu SMK hadir dibidang SDM yang diperlukan,” ujar Wikan Sakarinto.

Berdasarkan program yang dilakukan untuk mendukung inovasi petani, Camat Patean Adi Muktianto menyampaikan sambutan Bupati Kendal Dico M. Ganinduto yang menyatakan dukungan penuh terhadap program kementerian dan inovasi dari SMKN 6 yang ikut membantu kesejahteraan petani.

“Pemerintah akan mendukung program yang bisa memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan para petani, hal itu lantaran menjadi salah satu visi dan misi pemerintah,” Camat Patean membacakan sambuatan Bupati Kendal.

Sementara terkait hasil panen dan ketersediaan pupuk telah disediakan oleh pihak ketiga yang sebelumnya turut bekerja sama dengan pihak SMKN 6 Kendal.

Kepala Sekolah SMKN 6 Kendal Sigit Pujiono mengatakan bahwa bibit dan pupuk bahkan penjualan sudah tersedia oleh pihak ketiga, dan tugas dari siswa bersama petani adalah melakukan penanaman.

“Manfaat yang didapat tentunya pelajar kita bisa langsung praktek dalam merawat dan menanam bibit melin ini, termasuk menjadi penelitian mereka dalam mengembangkan inovasi baru, kedepan ini akan diteruskan oleh petani kita dan ini menjadi sinergitas antara petani dengan SMK,” jelas Sigit Pujiono.

Adapun melon venus memiliki karakter yang berbeda dan harga jual lebih tinggi dari melon biasa, Kepala Sekolah SMKN6 menyebut jika melon venus lebih manis dan tidak berair. Terkait panen yang dilakukan perdana ini, setidaknya memanen kurang lebih menacapai 2-3 haktare lahan.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
JURUSAN AKL SMK N 6 KENDAL MERAIH “JUARA III” LCC di UNIBA

  Pada LCC BASCOM 2023 diikuti oleh 21 tim yang terdiri dari 9 SMK dan 1 SMA se-Indonesia. Salah satunya yaitu dari SMK Negeri 6 Kendal berhasil meraih juara 3 dalam Lomba Cerdas

21/12/2023 09:46 - Oleh Administrator - Dilihat 366 kali
Luaskan Kerja Sama Inovasi Industri, SMK 6 MoU dengan Industri

Dalam rangka memperluas pengetahuan dalam lingkungan dunia kerja serta  mendorong siswa  mempunyai minat bekerja diperusahan dan sebagai pengusaha. Memberikan Informasi tentan

29/01/2023 10:50 - Oleh Administrator - Dilihat 449 kali
Workshop Pemanfaatan TeFa

Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kolaborasi dalam Pembelajaran SMK Negeri 6 Kendal Sabtu, 2 Desember 2023, SMK Negeri 6 Kendal melaksanakan kegiatan workshop untuk meningkatkan kompe

29/01/2023 10:50 - Oleh Administrator - Dilihat 592 kali
SMKN 6 Kendal Gelar Job Fair

SMKN 6 Kabupaten Kendal menggelar Job Fair untuk membantu siswa merencanakan masa depan mereka, Kamis (21/9/9/2023). Ada banyak siswa dari berbagai sekolah yang hadir pada kes

29/01/2023 10:50 - Oleh Administrator - Dilihat 360 kali
SMK 6 NEGERI KENDAL MBANGUN DESO

MITRA KERJA ANTARA KELOMPOK TANI MARSUDI TANI DESA KALIBARENG - CV TIRTA FERTINDO PRATAMA SEMARANG - SMK 6 NEGERI KENDAL.   "MBANGUN DESO" judul dari kegiatan yang di seleng

29/01/2023 10:50 - Oleh Administrator - Dilihat 215 kali